Sabtu, 27 Juni 2009

Tiga Orang Laki-laki dan Emas

Tiga Orang Laki-laki dan Emas

Alkisah, ada tiga orang lelaki yg baru saja menemukan seonggok emas setelah bekerja berhari-hari. Emas termurni dan terindah yg pernah mereka lihat. Mereka pun segera membagi emaa itu menjadi tiga bagian yg sama rata. Masing-masing tersenyum puas sambil berangan-angan akan menjadi orang-orang terkaya di kampung mereka. Dalam perjalanan melewati hutan belantara mereka beristirahat di bawah pohon, melepas lelah sekaligus lapar dan haus. Salah satu dr mereka menawarkan diri membelikan mereka makanan & minuman dwarung terdekat.
Pada saat sang teman membeli makanan, kedua orang lelaki itu mulai mengobrol..dan setan membisiki hati mereka...

"hei,kalau kt membunuh teman kita, bagian emas kita akan lebih banyak drpd sekarang."

"iya,betul juga. Kita akan lebih kaya."

"ya, bagaimana kalau kita membuat rencana utk membunuh dia?"

"ide yg bagus, tentu saja."

Sementara itu di saat kedua lelaki tengah merancang pembunuhan, teman mereka baru saja membeli makanan dan berjalan kembali ke tengah hutan menuju tempat teman2nya berteduh. Di tengah jalan, setan jg membisiki hatinya hingga terlintas di pikirannya,

"wah, kalau aku memiliki semua emas itu tentulah aku akan menjadi orang terkaya di seluruh negeri.".

Akhirnya di menaruh racun di dalam makanan teman2nya. Baru saja dia sampai di tempat teman2nya menunggu, tiba2 dia diserang dan dipukuli sampai mati oleh teman2nya sendiri. Lalu dikuburnya jenazah teman mereka dtengah hutan, di tempat yg tidak mungkin diketahui siapapun. Senyum puas mengembang di wajah mereka. Tapi perut lapar dan dahaga masih mereka rasakan. Segera mungkin mereka melahap makanan yg telah dibelikan oleh teman mereka. Tak memerlukan waktu lama untuk membuat mereka mati akibat racun itu. Akhirnya...hanya onggokan emas yang tersisa..tak ada yg memiliki..

Keserakahan hanya akan berujung pada kebinasaan.
Jika nafsu telah menguasai akal, maka manusia ibarat hewan yang memperebutkan mangsa.
Bersyukurlah akan rezki dan nikmat yang diberikan Allah, sesungguhnya hanya sedikit manusia yang bersyukur kepada Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar