Sabtu, 27 Juni 2009

Sahabat

Sahabat


"Sekiranya hendak mengetahui akan tingkah laku, pribadi atau kelakuan seseorang adalah ia seorang soleh atau toleh maka tidak perlu bertanya kesana sini.

Cukup melihat siapakah kawannya dan siapakah orang-orang yang disayanginya dan dari itu akan mengetahui pribadinya karena seseorang yang berkawan ia akan mengikuti kelakuan dan perbuatan kawannya itu"

Petikan dari nasihat Alqomah kepada putranya:

"Wahai puteraku! Sekiranya engkau merasakan perlu untuk bersahabat dengan seseorang maka hendaklah engkau memilih teman-teman yang memiliki sifat berikut:

1. Jika kamu ditimpa bencana maka temanmu itu akan coba melakukan sesuatu untuk menghilangkan dan meringankan kesusahanmu itu.

2. Jika kamu meminta sesuatu bantuan atau pertolongan dari teman itu maka ia akan segera mengusahakannya.

3. Jika kamu mencanangkan sesuatu maka temanmu akan turut membantumu dengan memberikan pandangannya.

4. Jika kamu bercakap-cakap dengannya maka temanmu itu akan membenarkan kata-katamu.

5. Jika temanmu itu melihat sesuatu yang tidak baik dari perbuatan atau perkataanmu maka dia akan menutupinya.

6. Jika kamu mengeratkan hubungan persahabatan dengan temanmu itu maka dia akan membalas dengan baik pertalian persahabatan itu.

7. Jika kamu menghulurkan sesuatu kebaikan (hadiah) kepada temanmu itu maka ia akan menerimanya dengan baik malah ia membalasnya kembali.

8. Jika sahabatmu itu mendapat sesuatu kebaikan dan kebajikan darimu itu maka ia akan menyemangati, menghargai dan menyebutkan akan kebaikanmu itu.

9. Jika kamu berdiam diri atau karena malu untuk meminta sesuatu darinya maka dia akam bertanyakan akan kesusahanmu itu.

10. Jika kamu berselisih faham dengan temanmu maka ia lebih rela mengalah demi untuk memelihara persahabatanmu itu.

Mutiara Amaly vol 62

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar