Sabtu, 27 Juni 2009

sebuah pengingatan

sebuah pengingatan bagi diri saya pribadi dan semoga bermanfaat bagi saudara-saudaraku semua

Perhatikanlah firman Allah, yang artinya “Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya.” (QS. Al-Maa’uun: 4-5)

Al-Haafidz Ibnu Katsir rahimahullahu ta’ala berkata, yang dimaksud orang-orang yang lalai dari shalatnya adalah:

1. Orang tersebut menunda shalat dari awal waktunya sehingga ia selalu mengakhirkan sampai waktu yang terakhir.
2. Orang tersebut tidak melaksanakan rukun dan syarat shalat sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah Ta’ala dan dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
3. Orang tersebut tidak khusyu’ dalam shalat dan tidak merenungi makna bacaan shalat.

Dan siapa saja yang memiliki salah satu dari ketiga sifat tersebut maka ia termasuk bagian dari ayat ini (yakni termasuk orang-orang yang lalai dalam shalatnya).

lalu, lantas apakah kita kemudian berpaling malahan tidak mengerjakan shalat, bukan saudaraku, bukan seperti itu, namun justru kita semua diingatkan agar senantiasa bersungguh-sungguh untuk melaksanakan shalat.

berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Perbedaan antara kita dengan mereka (orang-orang kafir) adalah shalat. Barangsiapa yang meninggalkan shalat maka ia telah kafir.” (HR. At-Tirmidzi -Shahih)

Wallahualam bishawab, semoga saya dan saudara-saudaraku semuanya termasuk orang-orang yang istiqomah terutama dalam menjalankan kewajiban (baca:kebutuhan) kita akan shalat.

Semoga hari ini lebih baik daripada hari kemarin, tetap saling mengingatkan antara kita semuanya dalam kebaikan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar