Rabu, 01 Juli 2009

Bolehkah Aku Berkeluh Kesah?

“Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. Sungguh Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu berbuat kerusakan dimuka bumi setelah (diciptakan dengan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang-orang yang berbuat kebaikan” (Q.S. Al A’raf [7]: 55-56)

Seorang teman bertanya kepada seorang hamba, “Bolehkah aku berkeluh kesah kepadamu? Aku ingin bercerita dan berkeluh kesah agar tenang hatiku.” Hamba itu menjawab, “Boleh saja. Tapi jika engkau berkeluh kesah kepadaku, aku hanya bisa mendengar dan tidak dapat mengubah keadaan. Jika engkau berkeluh kesah kepada Allah, maka Allah Maha Mendengar dan Maha Berkehendak untuk merubah keadaan. Bangunlah ditengah malam dan bertahajudlah. Berkeluh kesahlah kepada Allah akan semua yang engkau rasakan.”

Di dalam suatu majelis, Rasulullah saw bersabda, “Tahukah kalian wahai para sahabatku, Allah ‘Azza wa Jalla turun ke langit bumi di sepertiga malam yang terakhir untuk memperhatikan hamba-hamba-Nya. Ia mencari siapa diantara hamba-hamba-Nya yang beribadah kepada-Nya disaat kebanyakan manusia terlelap dalam tidurnya. Ketika Allah menemukan hamba-Nya yang sedang beribadah kepada-Nya, Allah ‘Azza wa Jalla amat bahagia dan berkata (hadish Qudsi): ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku pasti Aku kabulkan doanya, siapa yang bermohon kepada-Ku pasti Aku perkenankan permohonannya, siapa yang meminta ampun kepada-Ku walau dosanya memenuhi seluruh isi bumi, pasti Aku ampuni .'” (HR Bukhari, At-Tirmidzi dan Ahmad)

Topik Minggu ini: Berpengharapan Baik kepada Allah
http://edakwahkita.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar