Selasa, 07 Juli 2009

Tahukah Kamu (Bagian Kedua)

Tahukah Kamu.

Bobby Leech menjadi orang pertama yang dapat lolos dari maut saat terjun dari air terjun Niagara dalam sebuah gentong di tahun 1911. Atraksi ini demikian hebat. Ia menjadi sangat terkenal dan diundang berkunjung ke seluruh penjuru untuk menceritakan pengalamannya. Ketika berada di Selandia Baru, saat ia disambut oleh para penggemarnya, secara tidak sengaja Bobby Leech menginjak kulit pisang dan jatuh terpeleset. Ia kemudian meninggal dunia beberapa waktu kemudian, karena geger otak

=================
Tahukah Kamu.

Di masa jayanya, Wilhelm Steinitz adalah salah satu pemain catur paling cemerlang di dunia. Namun saat semakin tua, ia secara perlahan-lahan dijangkiti kegilaan, dan sering merasa bahwa ia dapat menelepon seseorang tanpa menggunakan telepon, ataupun bermain catur tanpa menyentuh bidak.

Puncak kegilaannya terjadi saat Steinitz mengumumkan kepada masyarakat luas bahwa ia hendak menantang Tuhan untuk bermain catur. Lebih parah lagi, ia menawarkan fur satu bidak dalam pertandingan ini.

==================
Tahukah kamu.

Boerhaave, seorang dokter Belanda dan penulis buku "Elementa Chemiae", meninggal tahun 1738. Sebelum wafat ia meninggalkan sebuah buku tebal bersegel dengan judul "The Onliest and The Deepest Secrets of The Medical Art" (Rahasia paling mendalam dan satu-satunya dalam Seni Pengobatan).

Buku tersebut dilelang, dan sang pemenang lelang yang telah mengeluarkan uang senilai $ 20.000 dalam emas membawa pulang buku itu. Saat segel dibuka, ia menemukan bahwa 99 dari 100 halaman buku itu adalah kosong. Selain sampul depan, cuma terdapat tulisan pendek: "Jaga diri untuk tetap tenang,
jaga kaki agar tetap hangat, dan kamu akan membuat dokter terbaik sekalipun menjadi miskin."

====================
Tahukah kamu

Kata "sabotage" (atau sabotase dalam bahasa Indonesia) yang berasal dari Perancis ternyata memiliki riwayat unik.

Pada masa pra-Revolusi Industri, pekerja-pekerja pabrik mengenakan sepatu kerja khusus yang terbuat dari kayu. Sepatu itu bernama "Sabot".

Saat datangnya Revolusi Industri, banyak mesin menggantikan kerja manusia, yang akhirnya meningkatkan pengangguran. Para pekerja memprotes kedatangan mesin-mesin ini dengan melemparkan sepatu kerja mereka ke dalam mesin (umumnya mesin tenun), sehingga mesin-mesin tadi menjadi macet atau rusak. Dari masa inilah dikenal istilah "sabotase".

====================
Tahukah Kamu
Wiper Kaca Mobil

Jika saja Mary Anderson tidak terciprat air hujan dalam perjalannnya ke kota New York pada tahun 1903 mungkin wiper kaca mobil tidak akan pernah ada. Mary Anderson membuat wiper yang digerakkan tangan dari dalam mobil, tujuannya agar sang pengemudi masih bisa melihat jelas jalanan ketika hujan maupun turun salju.Berkat temuannya, seluruh mobil di tahun 1916 sudah memiliki wiper dan terbebas dari kesulitan jarak pandang ketika hujan dan turun salju.

====================
Tahukah Kamu
Tempat terpanas & terdingin di Bumi

Dimanakah tempat terpanas di bumi ? Di El Azizia di Libya. Suhunya pernah mencapai 57.8 Celcius pada bulan September 1922.
Dimanakah tempat terdingin di bumi ? Di Vostok, Antartika. Suhunya pernah mencapai -89 Celsius pada bulan Juli 1983.

==============
Tahukah Kamu
Bayam

Kepercayaan bahwa bayam dapat memberikan sumber tenaga yang besar, seperti yang dipopulerkan oleh Popeye the Sailorman, ternyata berdasarkan pada suatu kekeliruan. Kekeliruan ini muncul di tahun 1870, ketika sebuah tabel gizi yang sangat populer di Amerika, menyatakan bahwa bayam memiliki 10 kali lebih banyak zat besi dibanding sayuran lainnya. Kekeliruan ini terjadi karena salah menempatkan koma pada angka yang tertera. Dalam kenyataannya, kandungan zat besi bayam sama besarnya dengan sayuran lain.

==============
Tahukah Kamu
Lampu Lalin

Lampu lalu lintas pertama kali ada di persimpangan London tahun 1868, berisi gas yang diselubungi kurungan warna merah dan hijau. Kemudian pada tahun 1920 ada yang lebih modern diciptakan oleh Garrett Augustus Morgan di Detroit Amerika Serikat untuk signal kereta api yang selanjutnya ia patenkan dan kita gunakan hingga kini.

================
Tahukah Kamu
Bir

Leluhur bangsa Spanyol adalah pembuat bir pertama di Eropa pada 5000 tahun silam. Mereka menenggak bir untuk merayakan kejayaan militer atau untuk menghormati tamu sebelum anggur milinia menjadi terkenal.Dibuat dari tanaman "mugwort" bukan dari "hop" dan mengandung alkohol antara 8- 10 persen, hampir dua kali lipat dibanding

kandungan alkohol bir pada masa kini. Anggur belum terkenal sebagai minuman di semenanjung Iberia sampai abad ke8.

===============

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar