Selasa, 07 Juli 2009

NASEHAT IMAM AL-GHOZALI

Assalamu'alaikum wr. wb.

Suatu hari, Imam Al-Ghozali berkumpul dengan murid-muridnya. Lalu Imam Al-Ghozali bertanya....

Pertama : "Apa yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?".
Murid-muridnya menjawab : "orang tua, guru, kawan, dan sahabatnya".

Imam Al-Ghozali menjelaskan semua jawaban itu benar. Tetapi yang paling dekat dengan kita adalah "MATI". Sebab itu, janji Allah SWT bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati.

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan”. Q.S. Ali Imran (3) : 185.

Lalu Imam Al-Ghozali meneruskan pertanyaan yang kedua : "Apa yang paling jauh dari diri kita di dunia ini?".
Murid-muridnya menjawab : "negara Cina, bulan, matahari dan bintang-bintang".

Lalu Imam Al-Ghozali menjelaskan bahwa semua jawaban yang mereka berikan itu adalah benar. Tapi yang paling benar adalah "MASA LALU". Walau dengan cara apapun kita tidak dapat kembali ke masa lalu. Oleh sebab itu, kita harus menjaga hari ini dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran Agama.

Lalu Imam Al-Ghozali meneruskan dengan pertanyaan yang ketiga : "Apa yang paling besar di dunia ini?".
Murid-muridnya menjawab : "gunung, bumi dan matahari".

Semua jawaban itu benar, kata Imam Al-Ghozali. Tapi yang paling besar dari yang ada di dunia ini adalah "NAFSU".

“Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai”. Q.S. Al-A'raf (7) : 179.

Maka, kita harus berhati-hati dengan nafsu kita, jangan sampai nafsu membawa kita ke neraka.

Pertanyaan keempat adalah : "Apa yang paling berat di dunia ini?".
Ada yang menjawab : "besi dan gajah".

Semua jawaban adalah benar, kata Imam Al-Ghozali. Tapi yang paling berat adalah "MEMEGANG AMANAH".

“Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh”.
Q.S. Al-Ahzab (33) : 72.

Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung, dan malaikat semua tidak mampu ketika Allah SWT meminta mereka untuk menjadi khalifah (pemimpin) di dunia ini.

Tetapi manusia dengan sombongnya menyanggupi permintaan Allah SWT, sehingga banyak dari manusia masuk ke neraka karena ia tidak dapat memegang amanahnya.

Pertanyaan yang kelima adalah : "Apa yang paling ringan di dunia ini?"
Ada yang menjawab : "kapas, angin, debu dan daun-daunan".

Semua itu benar, kata Imam Al-Ghozali. Tapi yang paling ringan di dunia ini adalah “MENINGGALKAN SHOLAT”. Gara-gara pekerjaan, kita meninggalkan sholat. Gara-gara kesibukan, kita meninggalkan sholat. Sementara pembeda antara seorang hamba (yang beriman) dengan orang kafir adalah meninggalkan shalat.

dan pertanyaan keenam adalah : "Apakah yang paling tajam di dunia ini?"
Murid-muridnya menjawab dengan serentak : "pedang".

Benar kata Imam Al-Ghozali. Tapi yang paling tajam adalah "LIDAH MANUSIA". Karena melalui lidah, manusia selalu menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri.

Wallahu a'lam bish shawab...

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar