Selasa, 07 Juli 2009

DASAR TAWAKKAL

Suatu hari, Hatim Al-Asham ditanya seseorang : “atas dasar apa kamu membangun Tawakkalmu kepada Allah SWT?”

Hatim menjawab…

“Aku membangun tawakkalku kepada Allah di atas 4 perkataan (sifat)” :

Pertama…

Karena aku tahu bahwa rizkiku tidak mungkin dimakan selainku, maka dari itu jiwaku selalu tenteram…

Kedua...

Karena aku tahu bahwa pekerjaanku, tidak mungkin dikerjakan oleh orang lain, oleh karena itu aku akan selalu sibuk mengerjakannya sendiri.

Ketiga ...

Karena aku tahu bahwa kematian akan datang padaku dengan tiba-tiba...
oleh karena itu, aku akan selalu bersiap diri menjemputnya.

dan keempat…

Karena aku tahu…
Bahwa aku tidak mungkin lepas dari penglihatan Allah di mana saja aku berada, sebab itu, aku selalu merasa malu kepada-NYA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar