Selasa, 07 Juli 2009

CAHAYA ILAHI...

Ketika kita berada di ruangan yang gelap gulita, apa yang bisa kita lakukan ? Tentu saja kita akan meraba-raba untuk menemukan jalan sambil mengerahkan daya insting kita. Kita tak tahu jalan untuk keluar, nafas kita sesak dan kegelisahan mulai menyelimuti kita. Tak ada sebersit cahaya pun yang menyinari tempat kita berada.

Sekarang bayangkan bila hidup kita tak disinari oleh cahaya ilahi. Tentu saja kita pun akan berputar-putar tanpa arah di dalam kegelapan…

Al-Qur’an berbicara : "atau seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh ombak, yang di atasnya ombak (pula), di atasnya (lagi) awan; gelap gulita yang tindih-bertindih, apabila dia, mengeluarkan tangannya, tiadalah dia dapat melihatnya, (dan) barang siapa yang tiada diberi cahaya (pe¬tunjuk) oleh Allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikitpun". Q.S. An-Nur (24) : 40.

Di saat keadaan gelap gulita, jiwa gelisah dan kita tak tahu apa yang harus kita kerjakan. Beban kerja pun semakin menumpuk, himpitan ekonomi menghadang langkah kita, tubuh kita bergetar dan semuanya menjadi serba tak berarturan dan serba salah. Jika hal ini menimpa kita, maka carilah cahaya ilahi agar kita dapat keluar dari kegelapan itu.

Bagaimana caranya mencari cahaya ilahi yang akan menerangi hati kita ?

"dan pakaianmu bersihkanlah, dan perbuatan dosa tinggalkanlah!" Q.S. Al-Muddatstsir (74) : 4-5.

Mari kita bersihkan pakaian kita. Tengoklah diri kita di cermin. Berapa banyak pakaian kesombongan, pakaian riya', pakaian dengki, pakaian takabur yang kita kenakan.

Pakaian itu kita percantik dengan segala macam aksesoris. Misalnya kita lalai mengingat Allah, enggan bersedekah, merasa berat untuk pergi haji, dan lain sebagainya, maka bersihkanlah segala macam pakaian lengkap dengan aksesorisnya tersebut. Setelah itu usahakanlah untuk tidak lagi mengenakan pakaian itu selamanya.

Sekarang tengoklah hati kita, rasakan cahaya ilahi mulai masuk ke dalam relung hati…

"…Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki…". Q.S. An-Nur (24) : 35.

Mari kita kumpulkan cahaya ilahi itu mulai sekarang, dari hari ke hari hingga di hari kiamat nanti.

Kita berdo'a, sebagaimana terekam dalam Al-Qur’an : "…Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu". Q.S. At-Tahrim (66) : 8.

Berbahagialah mereka yang mendapat cahaya ilahi…
dan….
Kita pun mudah-mudahan mendapatkan cahaya ilahi…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar